RADAR POS, MASOHI - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech membuka Kegiatan Gerakan Pangan Murah dalam Rangka Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023. Kegiatan ini dipusatkan di depan Pelataran Pasar Binaya, Kota Masohi pada, Senin (26/06/2023). 

Pj Bupati Malteng dalam sambutanya katakan, setiap memasuki Hari Besar Keagamaan Harga-harga Bahan Pangan Cenderung Meningkat dengan berbagai Alasan Subjektif oleh para Produsen, Distributor bahkan Pedagang Lokal.

"Meskipun Situasi ini hanya bersifat Temporer, namun secara Phsikologi Dampaknya sangat dirasakan oleh Masyarakat, terutama Masyarakat dengan tingkat Penghasilan yang Rendah atau Terbatas," kata Marasabessy.

Menurutnya, mencermati Kondisi tersebut Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Badan Pangan Nasional (BPN) dalam Upaya menjaga Stabilitas Harga Pangan dan Upaya Meminimalisir Harga Pangan guna memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat, telah menetapkan suatu Gerakan Nasional yang dinamakan Gerakan Pangan Murah.

"Program Inovasi ini adalah Wujud Komitmen Pemerintah sebagai Regulator dan Eksekutor untuk Mengawasi, Menfasilitasi dan Memastikan bahwa, Masyarakat selaku Konsumen terutama Masyarakat kelompok Ekonomi Lemah atau yang Berpendapatan Terbatas tetap mampu menjangkau Harga-harga Pangan secara Proporsional guna memenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga/Rumah Tangga setiap harinya," ucap Marasabessy.

Marasabessy menambahkan, melalui Kegiatan ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan selalu Hadir memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat dan sekaligus menjadi Problem Solving agar Masyarakat merasakan Keadilan dan Kesejahteraan.

Sehingga, dengan sendirinya Masyarakat semakin Percaya dan Menaruh Ekspektasi yang tinggi kepada Pemerintah selaku Pelayan Publik agar semakin Giat Bekerja dalam semangat dengan Moto: Kerja Cepat, Kerja Cerdas dan Kerja Profesional.

Marasabessy juga berharap, Kepada Dinas Ketahanan Pangan, agar Kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan secara Berkala baik dari sisi Kuantitas maupun Kualitasnya serta dibuat lebih Inovatif dan Kreatif.

"Untuk itu, saya Perintahkan agar Koordinasi, Kolaborasi, Kerjasama dan Sinergitas dengan semua pihak termasuk dengan para Produsen, Distributor, Pedangang Lokal dapat dilakukan secara Progresif," ujar Marasabessy.

Pangan Murah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Masyarakat berbelanjalah sesuai Kebutuhan bukan didasarkan pada Keinginan. Pasar Murah ini hanya Sarana sementara, mari kita jaga Suasana yang Aman dan Kondusif.

"Pasca Kegiatan Pasar Murah ini, saya akan secara Rutin turun ke Masyarakat mengunjungi Pasar melakukan Operasi Pasar guna memastikan bahwa, Harga-harga di Pasar tetap Stabil. Hal ini Penting, karena sangat Berkorelasi dengan Upaya Pemkab untuk Mengendalikan dan Menurunkan Inflasi di Kabupaten yang kita Cintai ini," tutup Marasabessy.

Hadir dalam Pembukaan tersebut yaitu: Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malteng, Ny. Bella. F. M. Marasabessy, Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda), Staf Ahli dan Asisten Sekda Malteng, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malteng. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top