RADAR POS, MASOHI - Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 dalam Rangka Pengamanan Natal dan Tahun baru (Nataru) dilapangan Apel Mapolres Malteng pada, Kamis (21/12/2023). 

Operasi Lilin 2023, Polres Malteng menerjunkan sebanyak 350 Personil Gabungan. 

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait dan Personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD, Dnas Kesehatan serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). 

Kapolres Malteng, AKBP Dax Emmanuelle S. Manuputty katakan, Apel Gelar Pasukan ini merupakan Bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Personel dan Sarana Prasarana. Sehingga, Pengamanan Nataru dapat berjalan Optimal. Kapolres menekankan Tiga Point Utama yang menjadi Perhatian Tim Gabungan.

"Yakni terjaganya Stabilitas Harga Pangan, Kondisi Kamtibmas yang Kondusif serta Kelancaran Arus Mudik dan Arus balik Nataru," kata Kapolres saat membacakan Amanat Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dia menjelaskan, dalam mewujudkan Stabilitas Harga Pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan menjaga Harga Pangan agar tetap Stabil. 

Upaya tersebut diwujudkan melalui Kerjasama dengan Kementerian/Lembaga Terkait serta Penegakan Hukum terhadap para Pelaku Penimbunan, Pengoplosan, Pemalsuan maupun Tindak Pidana dan Pelanggaran lainnya Terkait Pangan.

Sedangkan untuk menjaga Kondisi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif, Kapolres mengingatkan kepada seluruh Personel Polres Malteng untuk mampu Menekan Angka Kejahatan Konvensional. Seperti Curat, Curas, Curanmor, Copet, Bius, Hipnotis dan Pencurian Rumah Kosong melalui Peningkatan Kegiatan Pre-emtif, Preventif dan Represif. 

"Untuk mengantisipasi Kerawanan tersebut Tim Gabungan lanjut Kapolres akan menempatkan Personil di 9 Pos terdiri dari 2 Pos Pelayanan dan 7 Pos Pengamanan," ucap Kapolres.

Sementara itu, Pj Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa dalam sambutannya mengatakan, Apel ini merupakan Bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Personil maupun Sarana dan Prasarana. Sehingga, Perayaan Natal 2023 & Tahun Baru 2024 berjalan dengan Aman dan Kondusif.

Lanjut dikatakan, Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Indonesia disetiap Penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai Kegiatan. Sehingga, tentunya Berimplikasi terhadap meningkatnya Mobilitas Masyarakat.

"Dalam Pengamanan Nataru, Potensi Gangguan Kamtibmas yang sering terjadi khususnya pada Tempat-tempat Ibadah, Kecelakaan Lalu Lintas, Keramaian di Objek Wisata serta Kepadatan di Terminal dan Pelabuhan perlu menjadi Perhatian kita bersama," ujar Sahubawa.

Saya berharap, Tim Gabungan Personel ini hendaknya dapat menjamin Kenyamanan dan Keamanan Masyarakat sepanjang Libur Nataru khususnya Ditempat-tempat Ibadah, Jalan-jalan Perlintasan Arus Mudik, Pelabuhan, Objek Wisata dan Pusat Perbelanjaan.

Mantapkan Kerjasama, Sinergi dan Soliditas para Pihak yang terlibat demi Keberhasilan Pelaksanaan Operasi. Perlu saya garis bawahi, Keberhasilan Pengamanan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023 adalah tanggungjawab bersama.

Oleh sebab itu, kepada seluruh Personel Pengamanan agar senantiasa memperkuat Sinergisitas dan Soliditas selama Pelaksanaan Tugas. Saya yakin, dengan Sinergisitas dan Soliditas yang baik maka Masyarakat dapat melaksanakan Ibadah Natal dengan Khidmat serta Merayakan Tahun Baru dengan penuh Sukacita.

Kepada seluruh Personel Pengamanan, saya berpesan jadikan Pengamanan Nataru sebagai sebuah Kebanggaan. Oleh karena itu, Laksanakan Tugas dengan penuh tanggungjawab, Profesional, Humanis dan Pahami Tugas maupun Fungsinya Masing-masing sesuai rencana Operasi dengan mengedepankan langkah Prediktif serta Deteksi dini.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng, saya mengucapkan Terima kasih dan Apresiasi Setinggi-tinginya kepada seluruh Personel TNI-Polri, Pemerintahan Daerah (Pemda) dan Pemangku Kepentingan lainnya yang telah mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023," pungkas Sahubawa. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top