RADAR POS, MASOHI -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) Menggelar Gerakan Pangan Murah dan Peresmian Gerai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Pasar Du'afa di Kabupaten Malteng.

Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa, atas Nama Pemkab, saya sangat Mengapresiasi Pembukaan Gerai TPID serta Pasar Du'afa, ini sebagai salah satu langkah Positif yang kami ambil untuk melindungi Kepentingan Masyarakat Malteng pada, Selasa (06/02/2024) yang bertempat dipasar Binaya Kota Masohi.

"Inisiatif Keberadaan TPID dan Pasar Du'afa ini bukan hanya membantu meringankan Beban Ekonomi Warga, tetapi juga menyemarakkan semangat Gotong-royong dan Kebersamaan di Masyarakat," kata Sahubawa.

Upaya seperti ini, akan terus memberikan Manfaat Positif bagi Perekonomian dan Kehidupan Sehari-hari Masyarakat Kabupaten Malteng. 

Berdasarkan Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku, Tercatat pada Januari 2024 terjadi Inflasi Year On Year (y-on-y) Provinsi Maluku sebesar 4,12% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,84. Inflasi Tertinggi terjadi di Kabupaten Malteng sebesar 6,46% dengan IHK sebesar 106,15 dan terendah terjadi di Kota Ambon sebesar 2,74% dengan IHK sebesar 105,62. 

"Menyikapi Kondisi tersebut, maka Pemkab bersama TPID dan seluruh Stakeholder tentunya harus melakukan berbagai langkah Sinergis, Responsif dan tepat Sasaran dalam menyikapi Potensi Inflasi di Kabupaten Malteng, khususnya Bahan Pokok," ucap Sahubawa.


Sahubawa pun mengungkapkan bahwa, berbagai langkah yang telah kita lakukan untuk meredam Kenaikan Inflasi lebih lanjut seperti Gerakan Pangan Murah, Operasi Pasar, Pemberian Subsidi kepada Pedagang, bahkan menyediakan berbagai Komoditas Pangan termasuk Gerakan Menanam Tanaman yang memberikan Dampak terhadap Inflasi seperti Cabe adalah untuk Mengantisipasi Harga Pangan agar tidak Naik secara Signifikan. 

Untuk itu, saya berharap TPID bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Terkait agar terus melakukan Upaya Pemantauan secara Berkala terhadap Kecukupan Stok Barang Kebutuhan Pokok dan melakukan Upaya Stabilisasi melalui Operasi Pasar serta secara Bersama-sama terus melakukan Komunikasi yang Efektif dan mengimbau kepada Masyarakat untuk Berbelanja secara Bijak. Sehingga, Ekspektasi Masyarakat dan Pelaku Usaha Terkait Kenaikan Inflasi dapat Terkendali dengan baik. 

Melalui Kehadiran Gerai TPID dan Pasar Du'afa yang akan menyediakan berbagai Komoditas Pangan dengan Harga Terjangkau dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh Masyarakat, guna mendorong Upaya Pemkab dalam Menekan Laju Inflasi di Kabupaten Malteng. 

"Pemkab akan selalu Berkomitmen dan Bekerjasama secara Kongkrit. Sehingga, Masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Insya Allah kalau kita bergerak bersama pasti bisa mengendalikan Inflasi di Malteng," pungkas Sahubawa.

Turut hadir: Pj Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malteng, Asisten Setda, Pimpinan OPD Setda Kabupaten Malteng, Ketua Darma Wanita Kabupaten Malteng, Kepala Pusat Statistik Kabupaten Malteng serta Insan Pers. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top