RADAR POS, MASOHI - Kegiatan ini Dihadiri oleh Sejumlah Kepala OPD Dilingkup Pemda Maluku Tengah (Malteng), Direktur Bank Maluku Maluku Utara (Malut) Cabang Masohi dan Para Pelaku UMKM.

Bertempat di Lantai III Bablitbangda Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury, SE Membuka Secara Resmi Sosialisasi Program Kredit Tanpa Bunga Bagi UMKM, Kamis kemarin (01/07/2021).

Dalam sambutan Wakil Bupati Maluku Tengah, Program ini merupakan salah satu Program Terobosan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM, Untuk memberi Akses kepada Para Pelaku UMKM dalam hal penambahan Modal Usaha melalui Kredit Perbankan tanpa harus terbebani dengan Bunga Bank.

"Apalagi kita tahu bahwa, Ditengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) ini, Tingkat Pendapatan Masyarakat Menurun, Sehingga Akses Ekonomi Masyarakat juga menjadi sulit dan terbatas," kata Wakil Bupati.

Selain itu, Implikasi Pandemi Covid-19, saat ini kita juga diperhadapkan dengan Globalisasi yang ditandai dengan Liberalisasi Pasar Dunia yang makin Mengglobal.

Kondisi ini sangat mempengaruhi kehidupan Ekonomi Negara-Negara Berkembang dan sedang Berkembang, Termasuk di Indonesia.

"Pemerintah terus memberikan Kebijakan Ekonomi yang diarahkan pada upaya untuk semakin menggiatkan Program-Program Pemberdayaan masyarakat melalui penguatan sektor UMKM, sebagai Basis Ketahanan Perekonomian Negara,” ucap Wakil Bupati.

Untuk itu, salah satunya adalah dengan membangkitkan UMKM, karena Eksistensinya memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya Mengentaskan Kemiskinan, terutama melalui peningkatan Pendapatan dari Kegiatan Produktif masyarakat yang Tercermin melalui Perluasan Kesempatan Kerja dan Peningkatan Pendapatan serta Pengembangan Jiwa Kewirausahaan.

"Sebagai Wujud Perhatian Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah terhadap Penguatan UMKM, kita telah bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah Maluku Maluku Utara untuk Luncurkan Program Kredit tanpa Bunga," ujar Wakil Bupati.

Leleury juga berharap, Melalui Program ini, dapat memacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah serta menciptakan Iklim Usaha yang Kondusif agar kita bisa keluar dari masalah Ekonomi yang saat ini tidak saja menjadi masalah Nasional, tetapi juga telah menjadi masalah Global. (RPT)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top