RADAR POS, AMBON - Dalam Rangka Percepatan Transformasi Digital Bidang Komunikasi dan Informatika untuk Peningkatan Kualitas Layanan Publik, maka Dinas Kominfo (Diskominfo) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melakukan Studi Tiru ke Kota Ambon.

Studi Tiru tersebut, dihadiri Kepala Diskominfo Malteng, Hengky Tomasoa bersama Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malteng, Harley Hataul dan diterima oleh Asisten III Sekretaris Kota, Rina Purmiasa bersama Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz didampingi Sekretaris Dinas, Ronald Lekransy para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan staf diruang Rapat Command Center lt. IV Balai Kota Ambon pada, Jumat (11/08/2023).

Purmiasa saat membacakan sambutan Tertulis Penjabat (Pj) Walikota Ambon menyambut baik Kegiatan ini untuk Sharing Pengetahuan dan Pengalaman dalam Rangka Percepatan Transformasi Digital serta Penguatan Kualitas Layanan Publik.

"Dengan Transformasi Digital dalam Pelayanan Publik maka akan ada Harmonisasi Hubungan antara Pemerintah, Pelaku Bisnis dan Masyarakat serta menghilangkan saling Curiga dari semua pihak dalam Konsep membangun Daerah," katanya.

Dijelaskan bahwa, dalam Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik saluran Komunikasi milik Pemerintah Daerah (Pemda) yang digunakan yaitu, melalui Website Resmi Kota Ambon serta Media Sosial yakni, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter dan TikTok.

Pemkot Ambon, melalui Diskominfo dan Persandian lanjutnya, juga telah memanfaatkan Omnichannel yaitu, Sistem Pengaduan Terintegrasi dengan memanfaatkan saluran Komunikasi Modern untuk Pelayanan Pengaduan yang lebih Efesien.

"Kami juga memiliki Fasilitas Command Center yang Terintegrasi untuk menyajikan Data secara Real Time dan Berfungsi sebagai Dashboard dalam Pengambilan Keputusan yang mencakup Pemantauan 37 Titik CCTV dan sejumlah Aplikasi Monitoring," ucapnya.



Purmiasa berharap, Kegiatan Studi Tiru ini menjadi Wahana Sharing Pengetahuan antara, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng. Sehingga, Kedepan ada upaya untuk terus melakukan Perbaikan Sistem, Peningkatan Mutu serta Perbaikan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sementara itu, Kadis Kominfo Malteng, Hengky Tomasoa, mengakui Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan. Sehingga, pihaknya dapat belajar banyak dari Kominfo Kota Ambon sebab sudah banyak Inovasi yang dilakukan.

"Mimpi kami dapat mengikuti Jejak Kominfo Kota Ambon. Sehingga, bisa Maju dan Berdampak Positif bagi Kemajuan Maluku," ujarnya.

Dirinya menambahkan, sekembalinya ke Malteng, ada beberapa hal Prioritas yang akan dilakukan diantaranya, Penguatan Website Pemerintah Daerah serta membangun Jaringan Internet.

Sejalan dengan itu, Anggota Komisi I DPRD Malteng, Harley Hataul terkesan dengan Command Center Kota Ambon terutama dengan Pemanfaatan CCTV.

Menurutnya, hal itu sangat membantu dalam mengatasi Masalah-masalah Sosial, Keamanan dan Ketertiban, hinggah Antisipasi Bencana. Sehingga, dirinya Berjanji akan mendukung Dinas Kominfo Malteng untuk memiliki Fasilitas yang sama, melalui Penambahan Anggaran Dinas. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top