Rapat Forkopimda Dalam Rangka Persiapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah
RADAR POS, TUAL- Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag Memimpin Rapat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Forkopimda dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah tahun 2020, yang berlangsung di Aula Kantor Walikota Tual, Rabu (13/5/2020).

Rapat yang dipimpin langsung Walikota Tual Adam Rahayaan, di dampingi Wakil Walikota Tual Usman Tamnge,SE Ketua DPRD Kota Tual, Kapolres Maluku Tenggara, Kepala Kejaksaan Negeri Tual, turut hadir Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tual, Danlanal Tual, perwakilan Lanud Dumatubun Langgur, Ketua MUI Tual, Pastor Paroki Tual, Ketua Klasis GPM Tual, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.   

Usai rapat walikota tual mengatakan seperti biasanya, setiap hari-hari besar, hari-hari keagamaan kita selalu melaksanakan rapat koordinasi seperti ini, baik itu hari raya Idul Fitri, Natal tahun baru dan hari raya Idul Adha Yang bertujuan untuk mengevaluasi, situasi kamtibmas di setiap rumah ibadah, agar umat islam yang melaksanakan sholat pada hari raya idul fitri dapat terlaksana sesuai harapan semua pihak.

"Apalagi Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, maka hasil keputusan dalam rapat tersebut merujuk ke berbagai edaran maupun maklumat, dari Kapolri, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Agama, tetapi di point terakhir dijelaskan bahwa dikembalikan kepada kondisional daerah masing-masing," katanya.

Perlu masyarakat pahami bahwa semua himbauan dan maklumat itu tidak ada kata-kata melarang orang beribadah, yang ada adalah membatasi, atau mengatur jalannya ibadah, kalau melarang berarti sudah tentu bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Olehnya itu, kita sepakat bahwa, Sholat Idul Fitri tetap dilaksanakan di Masjid masing-masing, diikuti dengan penegakan protokoler kesehatan dengan baik,” Tegas Rahayaan.

Begitupula dengan malam takbir, Kita sepakat untuk tidak melakukan Konvoi tetapi dilaksanakan di Masjid masing-masing, dimana malam takbir ini sejak tahun lalu juga dilaksanakan seperti itu.

Sedangkan khusus untuk jalur jembatan watdek pada malam takbiran, akan dijaga ketat oleh pihak TNI/Polri, supaya jangan ada mobilitas dalam jumlah yang banyak baik itu dari Kota Tual maupun sebaliknya dari Kabupaten Maluku Tenggara. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top