RADAR POS, AMBON - Walaupun sudah bayak mendapat Apresiasi dan Penghargaan baik dari Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku terhadap Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda), namun masih terdapat beberapa Kelemahan dalam Pelaksanaan Pemerintahan, terutama dari sisi Administrasi dan Pelaporan.

Terbukti dari Hasil Evaluasi yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap Penyelenggaraan Pemerintah, Administrasi dan Pelaporan Pemerintah Kota Ambon mendapat Penilaian terendah, atau Hampir terendah Se-Provinsi Maluku.

"Untuk Soal Administrasi, Laporan kita masih Lemah. Yang Sifatnya hanya Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Menginput apa yang sudah dilakukan kita masih Lemah dan perlu terus diperbaiki," kata Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin Wattimena pada, Senin (22/01/2024).

Dikatakan, Rendahnya Pelaporan dan Administrasi disebabkan karena ada OPD yang tidak melakukan Penginputan Data pada Sistem. Hal inilah yang sepatutnya tidak Perlu terjadi, dikarenakan pada Masing-masing OPD telah ditempatkan Admin dan bertanggungjawab akan Hal tersebut.

"Sebenarnya ini tinggal Masing-masing OPD Terkait Melaporkan atau Menginput di Sistem, hanya saja karena mungkin ada yang tidak Menginput. Sehingga, Skor kita sangat Rendah. Tapi kalau ini terjadi hanya Kelalaian kita dalam Hal ini Admin OPD dalam Menginput di Sistem yang ada, maka Hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi," ucapnya.

Olehnya itu, Wattimena mengingatkan kepada semua OPD agar Persoalan seperti ini kedepannya tidak perlu terjadi lagi, apalagi Penyampaian Laporan merupakan Penginputan pada Masing-masing Sistem yang sudah tersedia.

"Jadi Persoalan bukan di Pemkot tidak Mampu, tetapi karena kita tidak Serius memenuhi Kewajiban untuk melakukan Penginputan pada Masing-masing Sistem yang sudah tersedia. Kita sudah tahu setiap tahun apa yang harus kita laporkan, itu Pekerjaan Rutin bukan Hal baru yang kita rapatkan, inginkan. kalau itu Hal Rutin yang terjadi setiap tahun, maka Masing-masing OPD musti sudah tahu setiap tahun harus buat apa Terkait Laporan-laporan ke Pempus," ujarnya.

Wattimena juga berharap, kepada seluruh Pihak untuk Bekerja dengan Semangat Kebersamaan untuk melakukan yang Terbaik bagi Kota Ambon Tercinta.

"Kita punya banyak Tantangan yang akan dihadapi, saya berharap itu menjadi semangat Motivasi kita untuk melakukan yang Terbaik bagi Kota ini," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top