Ilustrasi

RADAR POS, AMBON - Direncanakan Rabu Besok 29 November 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku akan menetapkan Tiga dari Lima Nama Calon Penjabat (Pj) Gubernur Maluku yang Mendaftar ke Panitia Penjaringan (Panja) DPRD Maluku.

Ketiga Nama tersebut akan dipilih secara Terbuka oleh seluruh Anggota DPRD Maluku, dalam Rapat Paripurna yang akan berlangsung pukul 13.00 WIT.

"Kami harapkan Kehadiran 45 Anggota DPRD agar kita dapat memilih Bakal Calon (Balon) yang telah Mendaftar, untuk menghasilkan Tiga dari Lima Balon yang Terdaftar," kata Ketua DPRD Maluku, Benhur G. Watubun di Ambon pada, Selasa (28/11/2023).

Demikian juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut. Menurut Sairdekut, Pemilihan Balon Pj. Gubernur Maluku merupakan tindaklanjut dari Undang-undang, dimana DPRD diberikan Kesempatan untuk mengusulkan Tiga Nama.

Ketiga Nama tersebut nantinya akan ditetapkan secara Bersama-sama, berdasarkan Perhitungan Suara Terbanyak dari Lima Nama Balon yang Terdaftar di Panja.

"Untuk Pemilihan, diurut berdasarkan Perengkingan atau Suara Terbanyak dari 45 Anggota DPRD. Untuk itu, seluruh Anggota DPRD harus Hadir, karena tidak ada Pendekatan Suara diwakili," ucapnya.

Dari Pemilihan tersebut lanjut Sairdekut, Tiga Nama yang menduduki Posisi Tiga Teratas akan Langsung diusulkan ke Presiden, melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kita berharap, besok Perhitungannya dilakukan segala baik, sehingga Langsung diusulkan ke Mendagri," ujarnya.

Untuk diketahui bahwa, ada Lima Nama Balon yang Mendaftar ke Panja, Masing-masing sebagai berikut:

1. Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M.Hum.

2. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si.

3. Mayjen TNI-AD, Dominggus Pakel, S.Sos, M.Si yang saat ini Menjabat Deputi II Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (BSSN).

4. Wakil Ketua Komnas HAM, Olivia Salampessy/Latuconsina.

5. Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Drs H. Jufri Rahman, M.Si. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top