RADAR POS, MASOHI - Pawai Takbiran pada Malam Peringatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dipastikan tetap akan berjalan.

Informasi Seputar Pelarangan Pawai Takbiran yang sempat beredar Luas di Jagat Media Sosial (Medsos) oleh Kapolres Malteng, AKBP Dax Emmanuel S. Manuputty jelas Keliru dan tidak Benar.

Pasalnya Budaya Peringatan Malam Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah itu hanya akan diatur dan dikawal Ketat Aparat Keamanan agar berjalan Tertib Lancar dan Aman.

"Masa saya harus Melarang Pawai Malam Takbiran. Ini Keliru dan tidak Benar. Tugas kita Mengamankan dan Mengatur agar seluruh Proses Perayaan Malam Takbiran Memperingati Hari Raya Idul Fitri berjalan Tertip Lancar dan Aman. Jadi bukan kami Melarang," tegas Kapolres Malteng kepada Awak Media di Mapolres pada, Jumat (14/04/2023).

Dikatakan Informasi Aoal Pawai Takbiran hanya akan berlangsung diseputar Lingkungan Masjid sebagai bentuk Pelarangan adanya Pawai sebagaimana yang sempat Terpublikasi pada beberapa Media Online di Maluku tidak sepenuhnya Benar.

Pasalnya, pihaknya hanya akan Mengatur Kelancaran Pawai Takbiran dengan Skema Pengalihan Arus Lalu Lintas agar Pelaksanaan Pawai Malam Takbiran dapat berjalan Lancar Aman dan Tertib. 

"Tentu Tugas kita Mengatur dan Mengamankan Kelancaran Pawai Takbiran. Bukan Melarangnya. Kita Kondisiskan Situasi dengan Strategis Penyekatan beberapa Ruas Jalan, sehingga Situasi Malam Peringatan Hari Raya Idul Fitri tetap berjalan dengan Tertib dan Aman hingga selesai dengan Lancar," kata Kapolres Malteng.



Mantan Kapolres Kota Tual itu menambahkan, Larangan hanya akan dilakukan jika Acara Pawai telah Melewati Batas Waktu pukul 12.00 WIT hingga Menjelang Subuh. Pasalnya pada Batas Waktu tersebut kerap digunakan sebagai Arena Balap Liar yang Jelas akan Menimbulkan Kecelakaan Lalu Lintas serta Menganggu Ketertiban Masyarakat.

Yang kita Larang adanya Pawai diatas pukul 00.00 WIT hingga Hari Menjelang Tengah Malam hingga Subuh. Jadi tidak ada pelarangan pawai malam takbiran. Itu sama sekali tidak benar.

Kapolres menegaskan, pihaknya bersama Aparat TNI serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) telah Siap Mengamankan Kelancaran Pawai Takbiran serta Pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Saya kira bersama TNI dan Pemkab Malteng telah Siap Mengamankan semua Rangkaian dan Aktivitas Perayaan Hari Raya Idul Fitri, mulai dari Pawai Takbiran, Sholat Eid hingga Aktivitas Mudik Masyarakat. Karennya dia berharap, Masyarakat Mendukung dan bersama sama Menjaga Situasi Kamtibmas agar Perayaan Hari Raya idul Fitri di Kota Masohi serta dan di Malteng secara Umum dapat berjalan Lancar Tertib dan Aman," tutup Kapolres Malteng.

Untuk diketahui, guna Mengamankan Hari Raya Idul Fitri, Polres Malteng juga Melakukan Operasi Ketupat Salawaku 2023 yang berlangsung selama 14 hari dihitung Mulai 18 Hingga 1 Mei 2023 Mendatang. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top