RADAR POS, MASOHI - Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech menghadiri Acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng yang dilaksanakan secara Virtual pada, (08/06/2023) di Baileo Ir. Soekarno, Pandopo Bupati Malteng, Kota Masohi.

Dalam Sambutannya, Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech menyampaikan Apresiasi yang Tinggi kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten Malteng yang terus Berupaya membangun Birokrasi yang Bersih, Akuntabel dan mampu Memberikan Pelayanan Publik yang Prima.

Lanjut dikatakan, melalui Percepatan Pembangunan Unit-unit Pelayanan Percontohan yang Bebas dari Korupsi yaitu: WBK serta Pelayanan yang Prima yaitu: WBBM kita berharap, dapat membawa Dampak yang lebih Luas dalam Pelayanan Publik. Pada akhirnya, Hal ini akan memberikan Pengaruh Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah kita.

Selain itu, Pentingnya Integritas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur dalam membangun Unit Kerja WBK dan WBBM tidak dapat disangkal. Integritas Moral menjadi Dasar dan Nilai Karakter yang diperlukan dalam membangun Kerjasama dan Kemitraan Berbasis Kepercayaan.

"Keberadaan Aparatur yang Berintegritas akan membantu memperkuat Ekosistem Anti Korupsi dalam Organisasi. Profil SDM Aparatur seperti inilah yang terus kita Bangun, dengan Harapan dapat membawa Transformasi Birokrasi yang Signifikan bagi Daerah, Bangsa, dan Negara," kata Marasabessy.

Zona Integritas adalah sebutan atau Predikat yang diberikan kepada Unit Kerja yang Pimpinan dan Jajarannya memiliki Komitmen Kuat untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui Upaya Pencegahan Korupsi, Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

"Tahapan paling Penting dalam Zona Integritas adalah Pembangunan Zona Integritas itu sendiri. Pembangunan ini mencakup Perubahan dan Perbaikan yang Terencana, Masif, Komprehensif dan Sistematis. Dalam Membangun Integritas kita Membangun Sistem, Membangun Manusia dan Membangun Budaya," ucap Marasabessy.

Membangun Sistem berarti menciptakan Instrumen, SOP dan Peraturan untuk mencegah terjadinya Tindak Pidana Korupsi atau Tindakan Tercela lainnya. Membangun Manusia berarti mengubah Mindset Aparatur Pemerintah agar Enggan, Malu dan Merasa Bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi atau Tindakan Tercela lainnya

"Proses mengubah Mindset tidaklah mudah, karena akan menemui Keengganan bahkan Penolakan. Dibutuhkan Waktu yang tidak Singkat untuk membiasakan Perilaku baru sehingga menjadi Budaya yang Melekat," ujar Marasabessy.

Terkait dengan Pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM pada Perangkat Daerah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang kita lakukan hari ini, saya ingin memberikan beberapa Arahan yang dapat menjadi Pedoman bersama.

Pertama, Teguhkan Komitmen Pimpinan dan seluruh Jajaran Pegawai untuk membangun Zona Integritas. Mantapkan langkah kita menuju Zona Nyaman yang baru ini. Berbagai cerita Keberhasilan Pembangunan ZI di berbagai Instansi Pemerintah telah membuktikan bahwa, Komitmen adalah Prasyarat Utama bagi sebuah Institusi yang Berintegritas. Dengan Komitmen yang Kuat, kita akan mampu mewujudkan Unit Kerja yang Bersih dan Melayani melalui Zona Integritas.

Kedua, Konsistenlah dalam memperkuat dan Mengevaluasi Integritas Individu dan Kelembagaan. Perkuat Nilai-nilai WBK dan WBBM sebagai Bagian dari Upaya Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Manfaatkan Teknologi Digital dan Kekuatan Media Sosial (Medses) secara Optimal dalam Proses Bisnis sebagai bentuk Transparansi Pelayanan Publik.

Ketiga, segera Persiapkan Rencana Kerja yang berisi Tahapan Aksi dengan keluaran yang dapat diukur untuk membangun Zona Integritas sesuai dengan Ketentuan yang berlaku.

Keempat, Pentingnya Pembuatan dan Penandatanganan Pakta Integritas sebagai Langkah Awal dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Saksikanlah oleh para Pemangku Kepentingan dan Masyarakat, ini menunjukkan peran serta Masyarakat sebagai salah satu Pilar Penting dalam menunjang Keberhasilan Pembangunan Zona Integritas. Oleh karena itu, saya mengajak Masyarakat untuk Berperan Aktif dalam melaksanakan Pemantauan, Penilaian dan memberikan Masukan untuk Perbaikan dalam Mencegah terjadinya Kecurangan dan Korupsi.

Turut hadir dalam Acara ini, Kepala Inspektorat Kabupaten Malteng, Asisten Bupati Malteng, Pimpinan OPD Dilingkup Pemkab Malteng serta Insan Pers. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top