RADAR POS, SAUMLAKI - Gubernur Maluku, Murad Ismail secara Resmi membuka Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku yang Ke-XXIX di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jumat (18/03/2022).

Dalam Sambutannya Gubernur atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku sampaikan Apresiasi dan Terima Kasih kepada semua Pihak atas Suksesnya Pelaksanaan MTQ Provinsi Maluku yang Ke-XXIX di Bumi Duan Lolat.

"Pelaksanaan MTQ kali ini memiliki Keunikan tersendiri dan bahkan baru Pertama kali terjadi sepanjang Sejarah Perhelatan MTQ secara Nasional khususnya di Tingkat Provinsi Maluku, Dimana Tuan Rumah Kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah mayoritas beragama Non Muslim atau 96 Persen, dan Muslim hanya 4 Persen, dari jumlah Penduduk KKT yang 127.000 jiwa, jumlah Penduduk Muslim hanya 5000an jiwa Ini luar biasa," kata Gubernur.

Sekaligus Bukti Kerukunan Umat beragama dan Persaudaraan Sejati yang ditunjukkan Masyarakat KKT.

Dikatakan, Pelaksanaan MTQ berjalan Jujur dan Adil ketika semua bersikap Bijak dan Patuh pada Pedoman Lomba yang diatur.

Prestasi dan Gelar Juara Penting. Tapi bukan segala-galannya. Sekali melanggar Aturan akan Menyakiti Hati anak-anak kita.

"Saya mengingatkan mari bersama-sama kita Support Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) di Kabupaten dan Kota serta Provinsi agar benar-benar Melakukan Pembinaan yang terbaik, Ini dilakukan agar putri-putri di masing-masing Daerah dapat Mengharumkan nama Provinsi Maluku di Tingkat Nasional dan Internasional," ucap Gubernur.

Pelaksanaan MTQ ini jadi Momentum Strategis sebab menjadi Tolok Ukur Keberagaman suatu Bangsa.

Gelaran MTQ Ke-XXIX yang mengusung Tema: "Aktualisasi Nilai Al Quran untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa, Bernegara, Mandiri, Rukun Dan Damai" ini harus diresapi dan diamalkan dalam Kehidupan Keluarga sehari hari sebagai sebuah Bangsa dan Negara yang Pluralis.

Gubernur berharap, Dewan Hakim tetap Menjunjung Tinggi Kesucian dan Keagungan Al Quran dalam Pelaksanaan dan Proses Penilaian sehingga bisa Menghasilkan Wakil Maluku yang Berkualitas pada MTQ Tingkat Nasional.

Ketua LPTQ Provinsi Maluku, Muhamat Marasabessy dalam sambutannya katakan, ada Tujuh Cabang yang dilombakan pada MTQ Ke-XXIX kali ini yakni Cabang Tilawatil, Cabang Hifzil, Cabang Syahril, Cabang Fahmil, Cabang Khat, Cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an, dan Cabang Qiraat Al Qur’an.

"Pembukaan yang dipusatkan dilapangan Maldriak Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan ini diawali dengan tari-tarian dan dilanjutkan dengan Defile 11 Kabupaten/Kota Memasuki Arena Pembukaan," ujar Ketua LPTQ.

Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku ini diikuti oleh Diketahui, 968 Peserta masing-masing: Kota Ambon 81 Peserta, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) 76 Peserta, Kabupaten Buru 68 Peserta, Kabupaten Buru Selatan (Bursel,) 76 Peserta, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 71 Peserta, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 83 Peserta, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 125 Peserta, Kota Tual 166 Peserta, Kabupaten Kepulauan Aru 104 Peserta, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) 39 Peserta, dan Kabupaten Kepulauan Tenimbar (KKT) selaku Tuan Rumah 79 Peserta. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top